Tinjauan Filosofis terhadap Metode Pendidikan Islam

1. Pengertian Metode
Pendidikan islam dalam pelaksanaannya membutuhkan metode yang tepat untuk menghantarkan kegiatan pendidikannya kearah tujuan yang dicita-citakan
Suatu kurikulum pendidikan islam tidak akan berarti apa-apa tanpa metode atau cara yang tepat dalam mentransformasikannya pada peserta didk. Oleh Karena itu metode adalah syarat untuk efisiensi aktifitas kependidikan islam.
Secara literal,metode berasal dari bahasa Greek yang terdiri dari dua kosa kata,yaitu Meta yang berarti melalui dan Hodos yang berarti jalan. Berarti metode yaitu jalan yang dilalui. Runes, secara teknis menerangkan bahwa metode adalah :
1.    Suatu prosedur yang dipakai untuk mencapai suatu tujuan.
2.    Suatu teknik mengetahui yang dipakai dalam proses mencari ilmu pengetahuan dari suatu materi tertentu.
3.    Suatu ilmu yang merumuskan aturan-aturan dari suatu prosedur.
Berdasarkan pendapat Runes tersebut, maka bila dikaitkan dengan proses kependidikan islam, metode berarti suatu prosedur yang dipergunakan pendidik dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan (segi pendidik). Selain itu, dapat juga diartikan teknik tertentu yang dipergunakan peserta didik untuk menguasai metri tertentu (segi peserta didik), atau cara yang dipakai untuk merumuskan aturan-aturan tertentu dari suatu prosedur (segi pembuat kebijakan).Dalam hal ini batasan yang pertamalah yang akan menjadi focus kajiannya.

* Prinsip-prinsip Metode Pendidikan Islam.
Dalam hal ini akan membahas bagaimana menyajikan bahan dan materi yang terdapat dalam suatu kegiatan pendidikan. Berikut ini dikemukakan oleh Abdul Munir Mulkan beberapa ayat yang dipergunakan sebagai rujukan pengembangan metode pendidikan islam:
1.    Allah SWT menyuruh hamba-Nya untuk mencontoh Rasulullah, sebab sesungguhnya pada diri Rasulullah terdapat yang baikan bagi kamu sekalian.(Q. S. Al Ahzab/33:21)
2.    Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk menyeru manusia kejalan Tuhan dengan hikmah dan pelajaran yang baik. Dan argumentasi yang dapat dipertanggung jawabkan. (Q. S. An Nahl/16:125)
3.    Allah SWT memerintahkan ummat islam untuk mengembangkan sikap arif dan bijaksana dalam melakukan dan menyelesaikan suatu aktifitas (berdiskusi dan bermusyawarah) serta bertawakal kepada-Nya.(Q. S. Ali Imron/3:159)(Q. S. Asy Syura/42:38)
4.    Manusia diperintahkan untuk berjalanlah di muka bumi perhatikan bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan Allah. ( Q. S. Al An’aam/6:11)
5.    Sesungguhnya telah berlaku sunnah-sunnah Allah sebelum kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan agama. ( Q. S. Ali Imron/3:137)

2. Bagaimana metode itu layak dianggap sebagai syarat pembelajaran denagn tujuan pendidikan islam.
Diantara syarat metode pendidikan islam adalah :
1.    Keseluruhan proses penerapan metode pendidikan islam mulai dari pembentukannya, penggunaannya      sampai pada pengembangannya tetap didasarkan pada nilai-nilai asasi islam sebagai ajaran yang universal.
2.    Proses pembentukan, penerapan dan pengembangannya tetap tidak dapat dipisahkan dengan konsep Al akhlak Al karimah sebagai tujuan tertinggi dari pendidikan islam.
3.    Metode pendidikan islam bersifat luwes dan fleksibel dalam artian senantiasa membuka diri dan dapat menerima peruahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang melingkupi proses kependidikan islam tersebut. Baik dari peserta didik, pendidik, materi pelajaran, dan lain sebagainya.
4.    Metode pendidikan islam berusaha sungguh-sungguh untuk menyeimbangkan antara teori dan praktek.
5.    Metode pendidikan islam dalam penerapannya menekankan kebebasan peserta didik untuk berkreasi dan mengambil prakarsa dalam batas-batas kesopanan dan Al akhlak Al karimah.
6.    Dari segi pendidik, metode pendidikan islam lebih menekankan nilai-nilai keteladanan dan kebebasan pendidik dalam menggunakan serta mengkombinasikan berbagai metode pendidikan yang ada dalam mencapai tujuan pengajarannya.
7.    Metode pendidikan islam dalam penerapannya berupaya menciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan bagi terciptanya interaksi edukatif yang konduktif.
8.    Metode pendidikan islam merupakan usaha untuk memudahkan proses pengajaran dalam mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.

Komentar

Postingan Populer